Resep Mie Goreng Jawa Ala Restoran

Mungkin beberapa dari Anda belum pernah mencoba mie goreng Jawa atau malah belum pernah mendengarnya. Mie goreng Jawa memiliki rasa yang lebih manis dari pada mie goreng biasa. Rasa manisnya ini dipadukan dengan ayam kampung yang rasanya lebih enak dari pada ayam potong. Sebenarnya, salah satu keunikan dari mie goreng Jawa adalah cara memasaknya menggunakan arang. Tapi cara ini terlalu lama dan tidak bisa dilakukan sendiri di rumah. Ada resep mie goreng jawa yang lebih mudah untuk dibuat.

Mie yang digunakan bisa bervariasi sesuai selera. Bisa menggunakan mie telur, mie kuning dari mi instan, bahkan bihun. Resep mie goreng berikut ini akan menggunakan mie kuning yang dicampur bihun. Kedua varian mie ini sengaja digunakan agar tidak enek jika hanya menggunakan mi kuning saja. Tetapi lebih baik lagi mie kuning yang digunakan adalah mie yang rasanya seperti mie instan atau bisa juga menggunakan mie instan tapi sisihkan bumbunya. Cara untuk membuat mie goreng jawa adalah sebagai berikut:

Bahan yang diperlukan:

  • 1 bungkus mie kuning
  • ½ bungkus bihun
  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • ¼ daging ayam kampung
  • 3 butir kemiri
  • 1 sendok teh merica
  • Garam secukupnya
  • 1 bungkus kecap
  • ¼ kubis
  • Bawang goreng
  • 1 butir telur
  • 1 ikat daun bawang
  • Minyak secukupnya

Cara memasak mie goreng jawa:

  1. Pertama geprek dua bawang putih lalu rebus bersama dengan ayam kampung, tambahkan garam secukupnya. Rebus sampai matang lalu tiriskan. Jika sudah matang, biarkan ayam dingin baru suwir ayam menjadi suwiran kecil-kecil. Ambil saja bagian dagingnya dan singkirkan tulangnya.
  2. Rebus mi kuning sampai setengah matang lalu rebus bihun. Tunggu sampai keduanya matang lalu tiriskan. Beri minyak dan campurkan pada mie agar mie tidak kaku.
  3. Haluskan 4 siung bawang putih, bawang merah, kemiri dan merica. Kocok telur sampai lepas lalu goreng dengan diorak arik. Kemudian masukkan bumbu ke gorengan telur dan goreng sampai kecoklatan. Masukkan kuah kaldu rebusan ayam, secukupnya saja atau sekitar 1 gelas. Potong-potong kubis lalu masukkan ke rebusan.
  4. Jika kubis sudah setengah matang, tambahkan suwiran ayam dan masukkan mie dan bihun. Masukkan juga daun bawang yang sudah dipotong kecil-kecil. Beri kecap secukupnya sampai warnanya coklat. Ratakan ke seluruh mi sampai airnya mengering. Coba dulu rasanya, jika kurang garam, tambahkan sedikit garam.
  5. Sajikan mie goreng Jawa ke piring, taburi dengan bawang goreng dan beri cabai hijau lalapan.
Artikel Menarik Lainnya:  Cara Masak Nasi Kuning Yang Enak dan Sederhana

Resep mie goreng Jawa sebaiknya menggunakan ayam kampung. Rasanya lebih elot tapi kaldu dari ayam kampung lebih enak. Rasa dari ayam kampung ini juga khas sehingga lebih cocok untuk mie goreng. Tetapi harganya memang lebih mahal dan lebih sulit didapat. Jika Anda tidak bisa menemukan ayam kampung, ayam potong juga tidak masalah, namun rasanya akan kurang sedap. Anda bisa tambahkan juga ati dan ampela agar lebih enak.

Sebaiknya sajikan juga dengan acar timun dan kacang goreng. Tambahkan seledri jika Anda suka untuk menemani bawang goreng. Resep mie goreng Jawa ini jauh lebih mudah dari pada yang biasa dijual di rumah makan. Meski sebenarnya yang membedakannya hanya cara memasaknya saja. Arang membuat rasa dari mie menjadi lebih nikmat tetapi memerlukan waktu lama. Jika Anda mencobanya sendiri di rumah, cukup gunakan kompor biasa saja.

Summary
recipe image
Recipe Name
Resep Mie Goreng Jawa
Author Name
Published On
Preparation Time
Cook Time
Total Time
399 Views
5/5 (1)

Please rate this