10+ Tips Menjaga Dapur Bersih dan Rapi

tips dapur bersih

Dapur bersih dan rapi adalah impian setiap orang bukan? Bahkan Anda sekalipun. Ini dia beberapa tips menjaga dapur bersih dan rapi yang mudah sekali di lakukan dan di biasakan.

  • Membersihkan Botol

Membersihkan berbagai botol dan toples bisa menjadi sangat sakit dan rumit ketika semua yang Anda miliki adalah spons. Namun, ada cara mudah untuk menyelesaikan pekerjaan mencuci botol dengan beras. Masukkan sedikit beras ke dalam botol / toples, tambahkan sedikit cairan pencuci dan isi dengan air hangat. Tutup dan kocok dengan baik. Beras berfungsi sebagai abrasif, sampai ke semua tempat yang gagal di jangkau spons.

  •  Bersihkan Telenan

Papan kayu dengan cepat menjadi tuan rumah bagi kuman dan bakteri yang tak terhitung jumlahnya. Pencucian biasa tidak akan mudah untuk menghilangkannya karena sisa makanan cenderung meresap ke dalam serat kayu dan dengan demikian berkontribusi terhadap pertumbuhan bakteri. Anda dapat menggunakan garam di atas papan dan membersihkannya dengan menggosoknya dengan lemon.

  •  Jangan menggunakan satu Spons untuk semua tugas

Bakteri dari permukaan cenderung menempel ke spons yang Anda gunakan untuk membersihkan. Itulah mengapa Anda harus menyimpan beberapa spons untuk menghindari kontaminasi silang.

  •  Lakukan pekerjaan perawatan sebulan sekali pada peralatan masak dan pisau Anda.

Anda harus membersihkan noda yang terbakar dan menghilangkan bintik-bintik karat dari panci dan wajan stainless steel Anda setidaknya sebulan sekali. Sehingga mereka dalam keadaan bersih tanpa karat ketika akan di gunakan lagi.

  •  Jangan Terburu-buru Ketika Memasak

Memasak terburu-buru memberikan kekacauan pada dapur Anda. depan masak tidak buru-buru akan memberikan Anda banyak waktu luang untuk Anda berpergian, dan juga akan mencegah Anda membuat kekacauan besar di dapur.

Tidak ada yang salah dengan menjadi lebih berhati-hati dalam memotong dan mengukur bahan-bahan Anda, karena dengan cara ini Anda akan memiliki waktu untuk menyeka permukaan memasak di antara setiap langkah proses memasak. Ini juga akan membuat masakan Anda lebih efisien.

  1. Membersihkan Oven

Untuk orang-orang yang terbiasa memanggang kue dan melakukan segala macam memasak di microwave, membersihkan microwave atau oven mungkin menjadi hal yang rumit. Situasi bertambah buruk ketika ada semacam tumpahan dan microwave Anda berada dalam keadaan lengket. Biasanya di bagian bawah oven. Dalam situasi seperti itu, hal terbaik yang dapat dilakukan seseorang adalah menaburkan garam di atas tumpahan. Kita akan melihat bahwa dalam beberapa menit di dalam oven panas, tumpahan akan berubah menjadi abu dan begitu oven telah menjadi dingin, Anda dapat dengan mudah membersihkannya dengan kain basah.

      2. Bau Harum

Anda ingin dapur yang berbau harum. Dapur yang berbau harum tidak terletak pada penyegar ruangan yang mahal. Sebaliknya, yang harus Anda lakukan hanyalah membeli jeruk nipis sederhana dan menusuknya dengan tusuk gigi. Kemudian, taruh di oven dan panggang dalam suhu 300 derajat, selama sekitar 10 hingga 15 menit. Lalu, biarkan pintu oven terbuka, sehingga aroma yang harum bisa menembus seluruh ruangan. Jika Anda tidak memiliki oven, Anda bisa merebus lemon yang ditusuk dalam air selama 20 hingga 25 menit untuk mendapatkan hasil yang sama.

    3. Jangan Menjadi Malas

Bersihkan setiap alat setelah digunakan. Jika Anda merasa bahwa alat tidak kotor selama digunakan, Anda dapat menyekanya dengan lap kering. Menjaga alat counter-top bersih adalah yang paling penting dan akan sangat membantu dalam memastikan dapur yang bersih. Dan membersihkan ini perlu ketelatenan, jadi hindari kemalasan.

Cara Menjaga Dapur Bersih dan Rapi Saat Memasak!

Memasak dalam kondisi kotor pasti sangat tidak nyaman. Makanan pun tidak higienis. Ini dia tips menjaga dapur bersih dan rapi ketika memasak. Sebelum memasak lakukanlah hal-hal berikut

rak cuci piring

  1. Kosongkan tempat pencuci piring, gosok wastafel, dan bersihkan meja dapur.

Pastikan selalu counter dan ruang persiapan Anda harus bersih, untuk memberi Anda ruang untuk bekerja. Bekerja di atas meja dapir yang berantakan akan membuat Anda tidak nyaman dan malah menciptakan kekacauan. Bersihkan semua kotoran dan hal-hal tidak perlu yang ada di atas meja dapur Anda. Ambil kain microfiber dan pembersih serba guna, kemudian berishkan meja dapur Anda.

Wastafel juga membutuhkan cinta, karena Anda akan membutuhkannya untuk air dan untuk mencuci. Hapus apa pun di dalamnya. Anda dapat membersihkannya dengan spons, sabun cuci piring, dan baking soda.

Memasak akan menciptakan piring kotor, peralatan dan sejenisnya. Jadi, pastikan dapur siap menerimanya. Pada wastafel pencuci piring, pastikan kosong. Agar peralatan yang kotor ketika di gunakan masak bisa langsung di tempatkan di wastafel dan tidak memenuhi tempat memasak.

  1. Siapkan alat berendam.

Ketika setelah memasak, Anda akan menemukan peralatan masak yang sulit untuk di bersihkan. Maka dari itu siapkan alat untuk berendam peralatan masak Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengisi wastafel atau mangkuk besar dengan air panas dan beberapa ml sabun cuci piring. Ketika Anda selesai menggunakan perkakas masak seperti wajan, sendok, panci, masukan ke dalam perendaman dan biarkan ia sebentar. Ini memudahkan Anda ketika mencuci peralatan masak.

  1. Hindari kontaminasi silang

Pisahkan telenan untuk daging dan sayur. Ini berguna agar bakteri yang ada di daging tidak mengontaminasi sayuran. Pertimbangkan untuk menggunakan sarung tangan sekali pakai jika Anda menangani daging mentah.

  1. Siapkan mangkuk sampah

Agar kotoran dan sampah memasak tidak mengotori meja dapur Anda, langsung masukan ke plastik atau mangkuk khusus sampah.

Ketika memasak lakukanlah tips menjaga dapur bersih dan rapi di bawah ini

  1. Siapkan bahan-bahan Anda sebelumnya.

Jika Anda memotong, mengukur, dan membagikan apa yang Anda butuhkan sebelumnya, Anda akan mengurangi kekacauan yang dibuat dari mempersiapkan bahan-bahan. Taruh mangkuk kecil atau beberapa piring yang mudah dicuci dan isikan mangkuk dan piring tersebut bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk memasak. Siapkan juga peralatan yang di butuhkan. Apakah itu sendok, pengocok telur atau garpu.

  1. Bersihkan tumpahan segera.

Tumpahan baru satu juta kali lebih mudah dibersihkan daripada yang telah telah lama dan menumpuk di permukaan. Jika Anda menumpahkan sesuatu di lantai, kompor, counter, bersihkan segera.

  1. Cuci Peralatan Masak Sebelum Pergi.

Ketika Anda menggunakan pisau, bersihkan pisau. Saat Anda menggunakan gelas ukur, bersihkan gelas ukur sesudah memasak.

  1. Membersihkan selagi menunggu.

Jika Anda menunggu pasta dimasak atau kentang dipanggang, Anda punya waktu beberapa menit. Luangkan waktu untuk mencuci piring, menempatkan barang-barang, atau mengeringkan apa pun yang telah dicuci dengan tangan.

  1. Rendamlah barang-barang saat Anda makan.

Ketika saatnya untuk duduk dan menikmati masakan Anda, daripada meninggalkan dapur dalam keadaan kotor, rendamlah barang-barang yang tadi Anda gunakan untuk masak. Sehingga ketika nanti selesai makan dan waktunya cuci piring, kotoran akan mudah di hilangkan. Jika ada barang-barang yang susah dibersihkan, tambahkan sedikit soda kue.

Nah itu tadi beberapa tips menjaga dapur bersih dan rapi yang mudah Anda lakukan baik sebelum, saat dan setelah memasak. Mudah bukan?

275 Views
5/5 (2)

Please rate this